Pemahaman Keliru tentang Bisnis OnLine

 Haloo Sobat Blogger,,, Saya merasa perlu mempostingkan artikel ini mengingat banyaknya pemula yang salah paham dan memiliki pemikiran yang menurut saya adalah sebuah kekeliruan tentang bisnis online.

Saya akhir-akhir ini menerima beberapa massage di Facebook saya yang menanyakan tentang konsep dan kebenaran bisnis online. Mereka mendapat informasi dan mengira bahwa bisnis online itu mudah, murah, simpel, dan yang lebih parahnya lagi… mereka mempercayai bahwa bisnis online dapat membuat mereka cepat kaya dalam hitungan hari, minggu, atau bulan saja. Akibatnya, mereka menjadi korban iklan-iklan atau sales letter yang isinya bombastis yang banyak beredar di Internet.


Saya tidak akan menyalahkan iklan-iklan atau sales letter di suatu website yang memberikan penawaran yang bombastis tersebut. Ya namanya iklan dan penawaran… memang bahasanya harus bombastis dan mampu “mempengaruhi” persepsi konsumen sehingga timbul tindakan yang diinginkan, yakni Membeli.

Betul tidak..? Saya yakin semua guru Marketing maupun Copywriting dimanapun juga mengajarkan hal yang demikian.

Saya tidak ingin anda para pembaca blog belajar bisnis online dan internet marketing saya ini ikut-ikutan memiliki pemikiran atau mindset yang Keliru bin Salah kaprah mengenai bisnis online. Saya harap anda tidak tersesat di belantara internet yang luas ini karena banyaknya informasi yang anda dapatkan tentang bisnis internet. Sebaliknya, saya ingin anda memiliki pemahaman yang benar, realistis, dan kalau bisa menyeluruh mengenai bisnis online. Itulah sebabnya saya perlu menggambarkan sisi lain dari keunggulan memilih bisnis di internet yang mungkin telah anda ketahui diartikel saya sebelumnya.

Pertama, ketika saya mengatakan bahwa bisnis online itu fleksibel dan dapat dijalankan kapanpun dan di manapun semau anda, saya tidak bermaksud mengatakan bahwa anda dapat menjalankan bisnis online sesuka anda tanpa perlu kedisiplinan dan intensitas. Bukan itu yang saya maksudkan!. Semua bisnis harus dibangun dengan komitmen dan ketekunan. Fokus dan step by step adalah hal yang harus anda lakukan untuk membangun bisnis anda sehingga sukses. Saya rasa ini juga berlaku untuk bisnis offline.

Seperti saya bilang tadi, bila anda ingin bisnis online kita sukses, kita harus menjalankannya dengan penuh intensitas dan kedisiplinan. Mengapa? Karena dalam bisnis online kita adalah bosnya. Tidak akan ada orang yang memperingatkan atau memarahi kita bila anda tidak bekerja. Tidak akan ada orang yang menghukum dan memecat anda bila kita bekerja secara malas atau sembarangan. Karena itu, kita harus bisa mendisiplinkan diri kita sendiri! Kita adalah bosnya… sekaligus kitalah karyawannya.

Kedua, ketika saya mengatakan bahwa bisnis online itu sederhana, saya tidak bermaksud mengatakan bahwa bisnis online itu mudah. Sederhana tidak sama dengan mudah lho! Apalagi jika ada yang mengatakan atau menawarkan konsep bisnis 4D (Duduk Diam Dapat Duit) lalu anda akan mendapatkan kekayaan melimpah, maka sebaiknya segera tutup halaman penawaran tersebut. Karena hal itu tidaklah mungkin, semua hal butuh usaha… apalagi bisnis.

Bisnis online itu memang sederhana, konsepnya adalah seperti ini : Asalkan anda memiliki produk atau jasa untuk dipasarkan (entah berupa space di website/blog anda untuk dipasangi iklan, produk/jasa anda, atau produk orang lain), website/blog dengan nilai konversi yang baik, dan trafik/pengunjung yang banyak, anda sangat BERPOTENSI untuk bisa sukses di bisnis online. Akan tetapi, semua itu jelas tidak mudah dan tidak instant, apalagi bagi anda yang masih pemula. Anda tetap akan perlu proses yang harus dilakukan untuk mewujudkannya. Banyak detail-detail proses yang perlu anda pelajari dan terapkan dalam menjalankan bisnis di internet. Dan jujur… detail-detail proses inilah yang tidak disampaikan secara menyeluruh dalam setiap sales letter atau iklan yang digunakan oleh para pebisnis online. Sales letter hanya menjelaskan garis besarnya saja, yang mampu membuat calon konsumen tertarik.

Ketiga, ketika saya mengatakan bahwa potensi penghasilan yang bisa anda peroleh dari bisnis online sangat besar, saya tidak bermaksud mengatakan bahwa penghasilan yang besar itu dapat anda raih dalam waktu singkat. Tetap ada proses yang harus anda lalui untuk mencapai kesuksesan itu!

Ketika anda membaca testimoni-testimoni yang mengatakan bahwa mereka berhasil memperoleh penghasilan sekian puluh juta atau sekian ratus dolar dalam sebulan, itu bisa saja terjadi. Namun anda patut bertanya : Apakah penghasilan sebesar itu bisa mereka dapatkan meski kondisi mereka benar-benar awam dan tidak memiliki “amunisi bisnis” sebelumnya? Atau sebelumnya mereka memang sudah memiliki amunisi bisnis untuk mendapatkan keuntungan tersebut, misalkan seperti jumlah prospek yang banyak yang siap membeli produk mereka, jumlah pemesan yang siap membayar yang sebelumnya telah mereka miliki. Atau mereka telah ada kerjasama dengan pihak lain yang akan mendatangkan penghasilan sebesar itu. Jika amunisi tersebut telah mereka miliki sebelumnya, maka penghasilan besar memang bisa saja mereka miliki. Namun jika sebaliknya… maka pasti harus ada usaha dulu kan?

Jadi, jangan salah paham. Bisnis online memang memiliki banyak keunggulan bila dibandingkan dengan bisnis offline, tetapi bisnis online bukan bisnis instant atau bisnis cepat kaya dalam semalam! Bila anda ingin menjadi pebisnis online yang sukses, anda harus tekun dan disiplin dalam menjalankannya. Anda harus mau belajar dan mempraktekkan setiap ilmu yang ada. Step by step… dan jelas semua perlu proses.

Tidak ada kesuksesan instant, baik dalam bisnis online maupun dalam bisnis offline. Untuk meraih kesuksesan yang anda idam-idamkan, anda harus mau mengeluarkan baik tenaga, pikiran, uang, maupun waktu anda. Anda harus mau belajar, bekerja, dan melalui semua prosesnya dengan tekun. Jangan terjebak oleh bahasa-bahasa iklan yang bombastis, karena bahasa iklan memang selalu demikian. Belajarlah berpikir realistis dan analisalah salesletter yang anda baca dengan pikiran yang jernih dan realistis.
Ingat… bahasa di sales letter adalah sama halnya dengan bahasa iklan. Persepsi andalah yang menjadi sasarannya. Untuk itu perlu pikiran jernih agar terbentuk persepsi yang realistis.
Nah, setelah anda tahu hal sebenarnya tentang bisnis online ini. Maukah anda menjalani proses tersebut? Maukah anda belajar dan mempraktekkan jurus-jurus bisnis online yang anda ketahui dengan penuh ikhtiar? Maukah anda bekerja keras dengan penuh ketekunan dan kedisiplinan?

Silahkan anda jawab sendiri dan simpan jawabannya dalam catatan harian anda…

Untuk saya, anda cukup memberikan komentar anda saja terkait artikel dan pemikiran saya ini. Jika anda cocok dengan pemikiran ini, silahkan sampaikan kecocokan anda. Jika tidak cocok, maka jangan sungkan untuk menyampaikan ketidakc ocokan anda. Silahkan sampaikan dikolom komentar.

Pasti Bermanfaat… Keep ACTION

Sumber diambil dari :
http://maghfuramin.com

SALAM SUKSES AND HAPPY BLOGGING
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar