Mengamankan E-Mail (Gmail) Dengan 2 - Step Verification

 
Email yang dihack merupakan salah satu jalan masuk ke berbagai akun penting lainnya seperti Facebook, Paypal, Domain, Hosting, blog dan lainnya. Bukan cuma yahoo yang bisa dihack tapi ternyata gmail pun tidak luput, seperti kasus teman saya yang akun gmailnya berhasil dibobol orang dan tenyata mengembalikan akun gmail yang dihack tidak semudah mengembalikan Email Yahoo Yang di Hack.
cara ini akan membuat gmail anda lebih aman dari hacker dan orang iseng karena setiap kali login anda akan dikirimi SMS yang berisi kode verifikasi, jadi walaupun password gmail anda jatuh ke tangan orang lain sepertinya akan sulit untuk dibobol karena dia tidak akan bisa login jika tidak memasukan kode verifikasi dari gmail.


Berikut adalah langkah-langkah mengamankan gmail anda dari hacker:

1. Login ke Gmail.
2. Klik Settings -> Pilih tab Accounts ->klik Google Account settings (ada dibawah).
3. Setelah itu anda akan melihat halaman Google Accounts. Pada bagian Personal Settings klik Using 2 - step verification 

4. Setelah itu akan muncul halaman untuk memasukan No. HP yang akan dikirimi kode verifikasi gmail melalui SMS, atau anda juga bisa memilih dengan panggilan (tapi saya lebih pilih melalui SMS).

- Pilih type HP ada pilihan Android, Blackberry, iPhone (untuk hp biasa pilih Use another phone)
- Masukan No HP anda.
- Klik Send code untuk menerima kode verifiaksi melalui SMS ke no hp yang anda gunakan.
- Periksa SMS Masuk, dan masukan kode verifikasi yang anda terima setelah itu klik Verify, lalu klik tombol “Next

5. Setelah itu anda akan melihat halaman seperti gambar dibawah ini (klik Next) 

6. Setelah itu anda akan melihat halaman yang berisi backup verification codes, sebagai pengganti jika anda tidak bisa menerima kode verifikasi melalui SMS (kode2 ini hanya bisa digunakan 1x). Print atau save kode2 tersebut.

7. Setelah itu anda akan diminta kembali memasukan no telp lain yang berfungsi sebagai Backup phone number, jika no telpon pertama yang anda gunakan tidak aktif lagi atau dicuri misalnya.

8. Langkah terakhir adalah mengaktifkan fitur 2-step verification.

Jika semua proses telah dilakukan maka setiap kali login anda akan langsung menerima SMS ke no hp yang anda daftarkan dan harus memasukan kode verifikasi sesuai dengan yang dikirimkan melalui pesan singkat tersbut agar bisa login ke gmail.

Tapi jika anda malas membaca sms atau tidak menerima SMS maka anda bisa memilih metode lain seperti menggunakan backup kode yang anda dapat saat mengaktifkan fitur ini.
Sebaiknya fitur ini diaktifkan bagi Email G-mail yang cukup penting saja, misalnya yang digunakan untuk paypal, akun blog, akun domain dan hosting karena cukup merepotkan setiap anda mau login harus deket2 sama hp kecuali anda membaca email menggunakan email client seperti thunderbird.

SELAMAT MENCOBA
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar